Cari Artikel Blog Ini

Memuat...

Total Tayangan Laman

NASIB GURU TIK

Setelah dimunculkan pada KBK dan KTSP, mata pelajaran TIK akan ditiadakan pada Kurikulum 2013
Perubahan struktur kurikulum pendidikan 2013 di Sekolah Menengah Pertama (SMP) tidak mengalami perubahan mendasar, seperti yang terjadi di Sekolah Dasar (SD). Hanya saja Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menekankan agar pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di SMP dioptimalkan. "Struktur kurikulum SMP tidak ada perbedaan. Kemungkinan mata pelajarannya akan dipres dari 12 jadi 10. Kemudian di SMP, TIK akan jadi semua media pembelajaran," kata Mendikbud, Mohammad Nuh, Selasa (13/11) malam di kantornya. Dengan demikian, pelajaran TIK di SMP tidak lagi diperlukan karena TIK itu sendiri sudah menjadi media dalam setiap proses belajar mengajar. Karena itu Mendikbud, Mohammad Nuh mendorong agar setiap sekolah setingkat SMP segera melengkapi sarana dan prasarana TIK amsing-masing. "Setiap sekolah didorong punya sarana TIK. Sehingga pengembangan diri, akan terintegrasi di setiap Mapel dan ekstrakurikuler," ujar Nuh. Dalam prakteknya, standar proses belajar dan mengajar di SMP ini diawali dengan mengamati hingga menciptakan. Sehingga nantinya akan ada prakarya yang dihasilkan oleh siswa dan diberikan penilaian. Di tingkat SMP, kegiatan ekstra kurikuler seperti Pramuka juga akan diwajibkan bagi setiap siswa. "Pramuka akan didorong wajib, karena ada kepemimpinan, solidaritas dan kemandirian," tambahnya.
Sumber artikel

Jika artikel ini bermanfaat..? Bagikan lewat :


BACA JUGA ARTIKEL DIBAWAH INI



Comments
3 Comments

3 komentar :

dhevie adjah mengatakan...

dari pelajaran TIK kita dapat mengenal dunia internet dan dunia luar melalui facebook,twitter,dan chatting...terima kasih untuk guru TIK SMP N 2 MANTUP

NAMA:DEVI NISWATIN
KELAS:IX-D
NO.ABS:6

Sabdo Purnomo mengatakan...

wah sepertinya sangat berat keputusanya, tapi mungkin itu sudah yang terbaik, mereka mungkin berfikir jika di masa mendatang siswa akan dapat mempelajari ilmu komputer sendiri karena pesatnya teknologi.

®obinhut mengatakan...

Kasihan siswa siswi yang belum dijamah teknologi mas, apalagi di Pelosok... Aduhai... Kasihan mereka. Guru TIK sekolah pasti tetap ada...

Poskan Komentar

Ceritakan keberhasilan/kegagalan anda setelah mencoba Tutorial Blogger pada kotak komentar. Kritik dan Saran juga boleh asal sifatnya membangun...!!!